Morfologi Kopi


Morfologi Kopi

Morfologi tumbuhan kopi terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah.

Akar

Tanaman kopi mempunyai sistem perakaran tunggang yang tiak rebah, perakaran tumbuhan kopi relatif angkal, lebih ari 90% ari berat akar lapisan tanah 0-30 cm (Najiyati an anarti, 2012).

Batang

Batang tumbuhan kopi adalahtumbuhan berkayu, tumbuh tegak ke atas dan berwarna putih keabu-abuan. Pada batang terdiri dari 2 macam tunas yakni tunas seri (tunas reproduksi) yang tumbuh sehaluan dengan lokasi asalnya dan tunas legitim yang melulu dapat tumbuh sekali dengan arah tumbuh menyusun sudut nyata dengan lokasi aslinya.

Daun

Daun berbentuk menjorong, berwarna hijau dan pangkal ujung meruncing. Bagian tepi daun bersipah, sebab ujung tangakai tumpul. Pertulangan duan menyirip, dan mempunyai satu pertulangan terbentang dari pangkal ujung sampai terusan dari tangkai daun. Di samping itu, daun pun berombak dan terlihat mengkilap tergantung dengan spesiesnya.

Bunga

Bunga pada tumbuhan kopi mempunyai ukuran relatif kecil, mahkota berwarna putih dan berbau harum semerbak. Kelopak bunga berwarna hijau. Bunga dewasa, kelopak dan mahkota bakal membuka dan segera menyelenggarakan penyerbukan sampai-sampai akan terbentuk buah. Waktu yang dibutuhkan terbentuk bunga sampai buah menjadi matang 8-11 bulan, tergantung dari jenis dan hal lingkungannya.

Buah dan Biji

Buah tumbuhan kopi terdiri dari daging buah dan biji. Daging buah terdiri atas 3 bagian yakni lapisan kulit luar (eksokarp), lapisan daging (mesokarp), dan lapisan kulit tanduk (endokarp) yang tipis dan keras. Buah kopi menghasilkan dua butir biji namun da pun yang tidak menghasilkan biji atau melulu menghasilkan satu butir biji. Biji kopi terdiri atas kulit biji dan lembaga. Secara morfologi, biji kopi berbentuk bulat telur, berstekstur keras dan berwarna kotor

+ There are no comments

Add yours